Menghafal Al Qur'an sambil bermain atau pun main gadget ala Falih Ubaidillah

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.. 
Hari ini genap dua video sudah terupload di channel youtube Alif Sufi.. Jangan lupa di klik ya (tulisan birunya supaya kebuka linknya). Habis di klik, jangan lupa juga di like, komen-komen and share ya kawan! 

Yang satu video dengan judul Menghafal Surah As Syams By Ubay


Usia Ubay genap 4 tahun tgl 30 Agustus kemarin. Ubay di usianya yang masih mungil itu.. Dia semangat menghafal. Apalagi kalau sudah ada iming2 hadiah dari aby atau umynya. Atau mgkn akan di downloadkan game baru. Tapi sering kejadiannya itu pas dia lagi asyik main game di hape dia tanpa sadar baca suroh yang dia hafal. Dan karena banyak salah jadi sambil diperbaiki. Nah saat itulah proses menghafal kadang berlangsung. Keren ya otak anak. Nggak disuru muter kaset rekaman sendiri. Sekali ucap diikutinya, ulang lgi diikuti lgi.. Ulang skli lgi diikuti lagi..  Dan HAFAL!!!

Pada awalnya anak ini beberapa bulan lalu tu pas musholla deket rumah baru jadi.. Dia senang dengar anak-anak seusianya (tmn2 main dia drmh) itu solawatan sebelum iqamah.. Dikit2 dia ikut.. Beberapa salah umy aby nya perbaiki.. Sampai saya fikir mungkin nggak ya dia ikut kalo saya bacakan potongan ayat2 Al Quran??? Saya bacakan "Ar Rahmaaan" .. Dia ikut. Saya bacakan lagi 'Allamal Quraaan.." dia ikut.. "Kholaqol insaaan" dia ikut. Tiga ayat saya puter2. Dan nggak sampe sepuluh menit.. Abrakadabra!!! Like a magic!!! Dia HAFAL!!! MaasyaAllahhh Tabarokalloooohhh... Dari situ saya sadar. Mukjizat bukan hanya turun pada Nabi Musa yang diberikan tongkat ajaib oleh Allah Subhanahuwata'ala.. Atau Nabi Yunus yg berhari2 hidup didalam perut ikan paus.. Atau Nabi dan Rasul lainnya. 
Saya fikir this is it!!! Mukjizat yang mungkin orang anggap biasa. Tapi saya tidak henti2nya berdecak kagum berkata ini luar biasa. Anugerah yang harus dijaga.
Sampai saat ini saya tetap talqin kan setiap waktu setiap menitnya... 
Sambil memasak saya simak bacaannya, sambil menonton di tv saya kecilkan volume tv saya talqin kan lagi... Matanya melotot ke tv, tapi bibirnya komat kamit mengikuti... Dan itu tertanam di alam bawah sadarnya.
Terkadang pulang abynya kerja nanti murojaah bareng abynya. Atau habis maghrib yang sering sepulang mereka solat di musholla.
Dan Ubay menghafal TANPA BISA MEMBACA QURAN... Saya memang mengajarkan dia mengaji iqro.. Hanya saja kalau menunggu bisa membaca sempurna itu butuh waktu yg cukup lama. Ubay memang baru benar2 menghafal beberapa huruf hijaiyah. Tapi saya nggak pernah menuntut dia harus segera bisa baca quran... Dia masih mau mendengar potongan2 ayat dari saya saja sudah Alhamdulillahhh sekali. Apalagi kalo sampe bisa membaca Al Quran.. Kasian Ubay juga kalo terlalu di push akan satu hal.

Terkadang airmata Jatuh nggak kerasa kalo Ubay sedang main tanah bareng adiknya itu sambil mulutnya bergerak baca hafalannya.. Allohuakbar. Ada sedikit rasa bangga karena yg keluar bukan lagu2 anak2 yg mendewasa2kn diri alias kids jaman now yang benar2 nggak nyambung dengan kaedah kehidupan anak sehari2. Sedikitpun dia nggak kenal lagu2 itu. 

Over all.. Doakan kami sebagai tim dirumah bisa istiqomah ngajak Ubay menghafal, dan semoga kita semua tetap diberi kesehatan untuk istiqomah pula menjalankan ibadah dijalan Allah Subhanahuwata'ala.. 

Yuk kita jaga Al Qur'an dengan sama-sama menghafal, mengajarkan serta mengamalkan Al Qur'an.. 
Cinta Al Qur'an. 

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Comments

  1. Karunia dari Allah... Selalu tautkan ke Allah... Anak sedang lucu-lucunya, Maasyaallah lucunya syeikhoh najma, Maasyaallah cerdasnya Syeikh Ubay... Pas lagi capek dan bocil sedang menguras hati dan tenaga, tetep usahain keluarin doa yg baik ya, Umi dan Abi... Krucil mesti ngikutin kebiasaan abi dan uminya. Sedang2 golden age itu krucil. Ayo disiapin.... Ubay harus jdi muslim tangguh, adek najma jdi muslimah tangguh kyk umi dan abinya. ✊
    Semangat umek! Terus belajar jdi orangtua teladan!!! 👏👏👏

    ReplyDelete

Post a Comment